Wisata Terpadu Seputar Wisata Cirebon

Sebagai kota yang terkenal sebagai kota rebon dan juga terkenal dengan mangga gedong gincunya, banyak tempat wisata Cirebon yang berhasil menarik minat banyak warga masyarakat sebagai pelancong. Tak cuma berasal dari Cirebon dan sekitarnya namun juga dari berbagai kota di sekitarnya seperti Jakarta, Bogor, Bandung dan kota lainnya.

Terjadinya lonjakan pengunjung ke Cirebon dikarenakan dibangunnya Tol Cipali, sehingga jarak tempuh untuk sampai ke Cirebon menjadi lebih cepat dan masyarakat pun menjadi lebih penasaran dengan kota yang satu ini.

Melihat potensi yang akan semakin berkembang ke depannya, Kota Cirebon makin berbenah. Setiap sudut kota menjadi tempat yang jauh lebih menarik untuk dikunjungi dan berbagai area wisata Cirebon untuk setiap minat wisatawan bisa ditemukan disini. Tak hanya mengandalkan wisata alam saja, namun juga wisata Cirebon yang berupa wisata religi, wisata belanja, edukasi dan wisata air yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Cirebon Water Land
Cirebon Water Land

Yang pertama adalah wisata air yang terkenal dari Cirebon, salah satunya adalah Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, lokasinya di Jalan Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk Kota Cirebon dan berlokasi di pinggir laut. Nyaman untuk dijadikan tempat berwisata bersama keluarga, terutama yang membawa anak-anak. Dilengkapi dengan cottage cantik, waterpark, restoran seafood dan areanya yang luas nyaman serta bersih.

Untuk wisata sejarah dan edukasi bisa mencoba kunjungi Taman Sari Gua Sunyaragi yang berada di Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon. Daya tariknya adalah sebuah bangunan mirip candi yang dinamai Gua Sunyaragi, ada beberapa gua lainnya disini dan lokasinya juga nyaman untuk tempat berjalan santai sembari mendengarkan penjelasan tour guide mengenai sejarah Gua Sunyaragi dan Kota Cirebon. Tiket masuk hanya 10 ribu saja.

Wisata Cirebon yang Menarik Selain Wisata Air

Kota Cirebon juga terkenal sebagai daerah asal Batik Mega Mendung, yang terkenal sampai ke seluruh Indonesia karena motifnya yang cantik berupa awan bergulung dengan warna gelap. Tapi dewasa ini motif ini sudah lebih bervariasi warnanya dan membuatnya terlihat jauh lebih menarik. Pelancong bisa dapatkan batik asli Cirebon ini di Jalan Trusmi, berjejer rumah-rumah warga yang memproduksi batik sehingga dinamakan Sentra Batik Trusmi. Tak hanya belanja kain batik, namun juga bisa belajar bagaimana caranya membatik. Seru sekali.

Wisata Cirebon religi juga menjadi daya tarik lainnya dari Kota Cirebon, bagi masyarakat yang ingin mengetahui sejarah penyebaran Islam di Cirebon maka bisa mengunjungi Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Arsitektur bangunan didominasi desain tradisional dan konon katanya pembangunan masjid ini melibatkan banyak sekali tokoh penting dari tiga kerajaan yakni Cirebon, Demak dan Majapahit. Bahkan rancangan masjid buatan Sunan Kalijaga ini ditunjuk langsung oleh Sunan Gunung Jati. Yang jadi daya tarik lainnya adalah Azan Pitu, yakni azan yang dikumandangkan tujuh muazin bersama-sama. Sekarang azan pitu dilakukan tiap shalat Jumat.

Tak lengkap ke Cirebon tanpa wisata kulinernya yang khas, misalnya empal gentong. Datanglah ke Empal Gentong H.Apud di Jalan Raya Cirebon-Bandung no 63 dan nikmati khasnya empal gentong Cirebon yang bikin ketagihan. Sementara itu Nasi Jamblang Bu Nur juga menjadi kuliner khas Cirebon lainnya yang jangan sampai ketinggalan. Datanglah ke Jalan Cangkring II no 34 Kejaksan dan rasakan khasnya nasi jamblang yang beraroma sedap khas Cirebon. Tak hanya itu, masih banyak sekali wisata Cirebon kuliner yang tentunya sayang jika tak dicoba. Selamat jalan-jalan!



4 thoughts on “Wisata Terpadu Seputar Wisata Cirebon

Add Comment