Wisata Kuliner Khas Kuningan yang Cocok untuk Semua Kalangan

Kuningan adalah kota yang spesial dan memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat, bukan cuma warga Kuningan namun juga warga lain dari berbagai daerah sekitarnya. Terlebih adanya wisata kuliner Khas Kuningan yang enak-enak, membuat Kuningan jadi semakin  dicintai. Gunung Ciremai menjadi daya tarik tambahan dari Kuningan, hawa yang dingin juga membuat Kuningan jadi salah satu lokasi yang menarik untuk jadi lokasi bulan madu pasangan yang baru menikah.

Menikmati keindahan alam bumi Ciremai yang asri, sejuk dan nyaman, dilengkapi dengan ragam pilihan kuliner khas Kuningan yang menggoyang lidah serta ditemani bersama pasangan terkasih atau keluarga besar tercinta, dijamin betah deh untuk berlama-lama di kota yang satu ini. Untuk pembuka, cicipilah Hucap. Jajanan enak dan lezat yang juga sekaligus mengenyangkan, terbuat dari potongan ketupat, tahu goreng, kuah kacang dan kecapnya yang spesial membuat Hucap terasa manis-manis gurih. Di daerah lain, Hucap ini kurang lebih mirip dengan ketoprak, atau dengan kupat tahu.

Wisata Kuliner Khas Kuningan untuk Pemuas Lapar

Datanglah ke daerah Luragung, lokasi wisata kuliner khas Kuningan ini memiliki andalan Nasi Kasreng yang berupa nasi dibungkus kecil-kecil, bisa kita katakan ini adalah nasi kucingnya Kuningan. Disantap dengan berbagai lauk lezat seperti rebon, pepes ikan paray, goreng ikan paray, lalapan dan lain sebagainya. Untuk yang hanya bisa bepergian di dalam kota, datanglah ke Jalan Dewi Sartika, Taman Kota Kuningan. Ada Nasi Kasreng Beringin yang khas dengan olahan daging burung puyuh, serta dilengkapi berbagai lauk lain yang membuat nasi kasreng makin berselera.

Sop buntut? Itu biasa, lantas bagaimana jika sajian khas Kuningan yang satu ini? Sop buntut sapi yang dipanggang dengan menggunakan mentega, lalu dipanggang sampai kecokelatan, lalu disajikan dengan kuah kuning yang rasanya gurih dan lezat. Untuk yang ingin mencicipi, maka baiknya datang ke Saung Lesehan Kuningan, yang ada di Jalan Raya Kuningan-Cirebon, Kecamatan Jalaksana. Harganya juga terjangkau.

Baca Juga Informasi seputar Kuningan : Klik Disini

Untuk yang ingin ngemil, sangat disarankan untuk mencoba cemilan khas Kuningan yang enak dan renyah, yakni Ketempling, terbuat dari parutan singkong yang dibentuk tipis-tipis lalu digoreng, berbentuk bulat dan kopong tengahnya, sangat renyah dan gurih, cocok untuk ngemil juga cocok untuk jadi pengganti kerupuk. Ketempling bisa didapatkan di toko-toko yang menyediakan oleh-oleh khas Kuningan, bahkan bisa ditemukan di berbagai warung-warung kecil dalam ukuran yang lebih kecil, seperti dua ons sampai seperempat kilo.

Pernah mencicipi tahu Sumedang yang gurih tapi kopong tengahnya? Lezat, bukan? Akan tetapi di Kuningan ada Tahu Lamping atau Tahu Kopeci yang konon memiliki rasa jauh lebih enak dibanding tahu Sumedang. Selain itu tahu Kopeci juga membuat kita lebih kenyang, sebab bagian tengahnya tidak kopong.

Baca juga informasi seputar Cirebon : Klik Disini

Bosan makan yang asin-asin? Ingin mencoba makanan yang manis dan ada pedas-pedasnya? Cobalah rujak kangkung yang terbuat dari kangkung rebus disiram bumbu gula merah yang diulek bersama tomat merah, asam jawa, cabe rawit dan jangan lupa terasinya yang khas. Campurannya begitu pas dan membuat setiap gigitan rujak kangkung begitu menggoyang lidah. Pedas, manis dan agak asam sudah tentu bikin kangen untuk menyantapnya lagi dan lagi.

Demikian adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner khas Kuningan yang bisa dicoba jika berkunjung. Jangan lupa bagikan pengalaman kuliner di media sosial, beritahu lebih banyak orang mengenai kuliner khas Kuningan yang spesial.



15 Shares

Add Comment