Tes Kesehatan dan Aturan Makanan Untuk Wanita Menopause

Usia lanjut tidak bisa dihindari begitu juga dengan menopause kecenderungan wanita usia lanjut banyak kekhawatiran. Pada wanita menopause, produksi ovum, produksi hormon estrogen dan siklus haid akan berhenti  dengan cara yang relative mendadak. Individual yang memasuki masa menopause terancam krisis/transisi dalam kehidupannya, baik dalam pekerjaannya, rumah tangga maupun hubungan sosial, oleh karena itu perlu perhatian khusus mengenai tes kesehatan dan aturan makan untuk wanita menopause.



Wanita menopause kemungkinan terserang penyakit meningkat secara derastis pada masa setelah meno­pause. Pada usia ini, sangat penting untuk melakukan beberapa tes dan pemeriksaan kesehatan secara teratur. Berikut diantaranya :

  1. Tes Kanker Serviks (Pap’s Smear)

Sebaiknya dilakukan setiap enam bulan atau setahun sekali. Meskipun wanita telah mengalami masa menopause, karena pada masa inilah banyaksekali penyakit de­genaratif jinak sampai kanker ditemukan. Pemeriksaan kesehatan secara teratur akan sangat baik untuk dilakukan untuk mendeteksi secara dini semua penyakit.

  1. Mammografi

Sebaiknya dilakukan setelah usia 35-40 tahun satu kali per tahun. Hasil mammo­grafi sebaiknya disimpan untuk tahun berikutnya sehingga dapat dibandingkan dengan pemeriksaan sebelumnya untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Mammografi sangat dianjurkan bagi wanita di atas 40 tahun, apalagi dengan riwayat keluarga yang menderita kanker apapun. Resiko kanker payudara mening­kat 70 persen pada usia lebih 50 tahun.

Baca juga informasi : Penyakit Menopause Yang Perlu Anda Ketahui

  1. Kolonoskopik

Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan setelah usia 50 tahun dalam kurun waktu lima tahun sekali. Bila ada keluarga yang menderita kanker usus besar, maka pemeriksaan dilakukan lebih sering lagi.

  1. Tes Osteoporosis

Pemeriksaan ini sangat penting bagi wanita di atas usia lebih dari 50 tahun karena produksi hormon etsrogen telah berhenti atau sangat menurun dalam tubuh. Peranan hormon tersebut sangat penting dalam pembentukan massa tulang dengan mengabsorpsi kalsium dan pembentukan osteoblast tulang. Pemenuhan kalsium yang kurang akan menyebabkan massa tulang menipis dan mudah patah.



Setelah anda melakakuan tes kesehatan ada aturan makanan dan minum untuk wanita menopause. Penasaran kan, simak ulasannya dibawah ini :

Baca juga artikel kesehatan : Klik Disini

Aturan makanan dan minum yang diperbolehkan untuk wanita menopause :

  • Mineral yang baik meliputi kalsium, zinc, tembaga, selenium, magnesium, ferro, brom, yodium, molibdenum, fosfor.
  • Buah-buahan dan sayuran yang baik seperti anggur, apel, sirsak, strawberry, plum, prones, ketimun, sayur asparagus, brokoli, seledri, dan jahe.
  • Menguyah makanan sebanyak 30-60 kali sebelum menelan.

Baca juga informasi seputar Cirebon : Klik Disini

  • Tidak makan minum 4-5 jam sebelum tidur.
  • Minum 8-10 gelas/hari. Pada pagi hari minum 1-3 gelas dan dua gelas setelah makan satu jam kemudian dan jangan minum banyak pada waktu makan karena akan mencairkan dan mengurangi penyerapan enzim-enzim oleh usus.
  • Kurangi makanan dari tepung terigu seperti roti, bakmi dan kue, gorengan lainnya. Atur berat badan Anda karena kehilangan berat badan sebanyak 5-10% dapat menurunkan tekanan darah sehingga kerja jantung anda akan lebih baik lagi.

Aturan makanan dan minum yang dihindari untuk wanita menopause :

  • Memakan di sela-sela makan, kecuali buah-­buahan utuh seperti anggur, apel, sirsak, pepaya, strawberry, pepaya dan lain-lain.
  • Makan makanan yang teroksidasi dan berubah warna kecoklat-coklatan
  • Makanan dan produk minuman seperti sapi susu sapi fermentasi, teh hijau, teh cina, teh hitam. Jangan terlalu banyak, minimal satu cangkir per hari.
  • Kurangi coklat, kopi, dan alkohol.
  • Untuk mengurangi asam urat dan ostheoarthristis, kurangilah konsumsi daging jeroan sapi ataupun kambing, hindari makanan santan yang diolah bersama rempah-rempah lainnya karena akan meningkatkan kadar kolesterol.
Iklanciayumajakuning.com

Demikian ulasan tes kesehatan dan makan minum untuk wanita menopause, tak semestinya menopause ditakuti. Dengan persiapan diri akan lebih mudah menerima proses dan reaksi menopause. Menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga teratur dan menjaga cukupan nutrisi untuk kiat sehat. Semoga bermanfaat,…


Add Comment