Pentingnya Kesehatan Kerja dan Keamanan Kerja untuk Karyawan

Kesehatan kerja memegang peranan penting, baik bagi karyawan atau bagi perusahaan. Jika kita lihat secara garis besar atau secara keseluruhan, pengertian dari K3.

Pengertian Kesehatan dan keselamatan kerja merupakan sebuah bidang yang memiliki keterkaitan pada keselamatan, kesehatan dan juga kesejahteraan para karyawan, yang bekerja di sebuah lokasi proyek atau di sebuah institusi.

Adapun adanya K3 memiliki tujuan untuk memelihara kesehatan karyawan serta keselamatan karyawan di lingkungan kerja mereka masing-masing.

Pengertian Kesehatan Kerja :

Pihak pengusaha wajib memperhatikan program kesehatan kerja, karena ini adalah hal yang sangat penting dan dengan mengadakan program kesehatan yang baik, maka bisa menguntungkan bagi perusahaan secara tak langsung. Sebab karyawan akan merasa diuntungkan dengan adanya jaminan kesehatan ini, mereka bisa bekerja dengan lebih baik di lingkungan yang aman dan menyenangkan, jarang cuti atau bolos kerja, dan para karyawan secara keseluruhan bisa bekerja lebih lama. Hal itu tentu akan menguntungkan bagi para pemilik perusahaan, bukan?

Adapun istilah kesehatan dan keselamatan kerja ini diacukan pada keadaan psikologi dan fisik para pekerja, berdasarkan lingkungan yang disediakan oleh perusahaan itu sendiri. Saat sebuah perusahaan mengadakan pengukuran kesehatan dan keamanan yang efektif, jika hasilnya menunjukkan bahwa semakin sedikit jumlah pegawai yang mengalami penyakit (baik itu jangka pendek atau pun jangka panjang) karena bekerja di sana, maka makin bagus.

Apa itu Keselamatan Kerja?

Yang dimaksud dengan keselamatan kerja adalah hal-hal yang berhubungan dengan tempat kerja dan cara-cara melakukan pekerjaannya supaya tetap safety. Misalnya di pesawat, termasuk mesin, pekerja, alat dan bahan, landasan dan prosesnya.

Jadi keselamatan kerja itu sendiri ialah dari, oleh, dan untuk semua pekerja dan juga orang lainnya, serta masyarakat secara umum. Dengan adanya sarana utama yang digunakan untuk mencegah terjadinya cacat dan kecelakaan adalah gerbang utama untuk adanya keamanan bagi para tenaga kerja.

Baca juga informasi : Penyakit menopause kah yang perlu anda ketahui, bahayakah ?

Segenap proses dalam memproduksi barang dan jasa, juga proses distribusi pun termasuk ke dalam cakupan keselamatan kerja.

Apa itu Kesehatan Kerja?

Supaya bisa mencapai derajat kesehatan yang paling tinggi dari para pekerja, maka spesialisasi di dalam ilmu kesehatan dan juga kedokteran sangat dibutuhkan. Tak hanya untuk kesehatan fisik saja, namun juga untuk kesehatan mental maupun juga sosial. Yakni dengan melalui berbagai usaha-usaha preventif dan juga usaha kuratif untuk berbagai macam gangguan kesehatan, serta penyakit yang telah diakibatkan oleh lingkungan kerja dan faktor-faktor pekerjaan itu sendiri.

Adapun hakikat dari kesehatan kerja itu sendiri ialah sebuah alat yang digunakan supaya bisa mencapai derajat kesehatan tenaga kerja, dengan setinggi-tingginya. Baik itu untuk para pegawai negeri, buruh, pekerja bebas, nelayan dan berbagai profesi lainnya. Itulah yang juga dikenal sebagai kesejahteraan tenaga kerja.  Selain itu juga menjadi alat untuk tingkatkan produksi di perusahaan, karena efisiensi daya dari karyawan meningkat, produktivitas ikut meningkat.

Baca juga informasi : Tes kesehatan dan aturan makanan untuk wanita menopause ?

Walaupun kesehatan kerja merupakan tanggung jawab dari perusahaan, sudah tentu karyawan pun harus menjaga kesehatannya sendiri saat bekerja, jangan merugikan diri sendiri dengan bekerja keras dan hidup seenaknya tanpa menjaga kesehatan dengan baik. Sebab tidak semua kondisi kesehatan kerja dijamin oleh perusahaan, utamanya jika hal itu lalai dari si karyawan itu sendiri.

Demikian adalah pengertian kesehatan kerja yang harus diketahui oleh para karyawan dan perusahaan. Semoga bermanfaat.

9 Shares

Add Comment