Cara Budidaya Lele Dengan Sistem Bioflok Yang Benar

Budidaya lele di wilayah Cirebon sangat cocok untuk dijadikan suatu peluang bisnis yang perlu anda coba, budidaya lele salah satu budidaya di bidang perikanan yang terus berkembang dari masa ke masa karena teknologi budidaya lele yang relative mudah untuk anda kuasai. Beberapa tahun kemarin system yang dipakai dalam budidaya lele menggunakan sistem autotrof, cara menggunakan sistem autotrof mempunyai kelemahan dan keterbatasan dalam memanfaatkan limbah budidaya.

Sebelum membahas mengenai cara budidaya lele dengan sistem bioflok, kami bahas terlebih dahulu pengertian bioflok itu sendiri ? Sistem bioflok merupakan sistem teknologi budidaya yang didasarkan pada prinsip asimilasi nitrogen anorganik (ammonia, nitrit, dan nitrat) oleh sekelompok mikroba (bakteri heterotrof) dalam media budidaya yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh organisme budidaya sebagai sumber makanan.

Ada prinsip dasar yang perlu anda ketahui budidaya lele menggunakan system bioflok yaitu mengubah senyawa organik dan anorganik yang didalamnya berisi senyawa karbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O), Nitrogen (N) menjadi masa slugde berbenduk bioflok dengan cara memanfaatkan pembentukan gumpalan/flok yang mengubah biopolymer sebagai bioflok. Penerapannya untuk budidaya lele di perairan dalam hal ini menggunakan teknologi bioflok memanfaatkan nitrogen anorganik menjadi nitrogen organik yang tidak beracun, nitrogen yang sudah berubah ini bisa digunakan untuk pakan lele sehingga lebih hemat biaya.

Baca juga informasi : Kumpulan Bisnis

Persiapan Budidaya Lele Sistem Bioflok

#Persiapan Kolam

Setelah anda mengetahui bagaimana system bioflok, sudah saatnya menambah pengetahuan tentang cara budidaya lele menggunakan system bioflok, hal pertama yang anda buat adalah kolam untuk menampung lele, karena kolam sebagai media utamnya maka diperlukan syarat-syarat khusus agar tingkat keberhasilan dalam budidaya lele bisa maksimal.

Pembuatan kolam budidaya lele ada 4 jenis kolam yang bisa digunakan oleh sebagian besar pembudidaya yaitu:

  • Budidaya lele dengan kolam dari tanah
  • Budidaya lele dengan kolam dari beton
  • Budidaya lele dengan kolam kotak dari terpal
  • Budidaya lele dengan kolam bulat dari terpal

Dari keempat media kolam budidaya lele yang sering digunakan oleh pembudidaya adalah menggunakan terpal karena lebih efisien dan hemat biaya.

Budidaya lele dengan sistem bioflok lebih baik menggunakan kolam bular dari terpal, jenis kolam tersebut diilai lebih praktis dan dapat menghemat tempat. Kolam dengan ukuran 3 meter mampu menampung hingga 3 ribu ekor lele.

Baca juga informasi : Wisata di wilayah 3 Cirebon

Pada dasar kolam harus dipasang pipa yang memiliki fungsi sebagai jalan keluar kotoran lele yang mengendap didasar kolam. Proses pembuangan kotoran lele harus diikuti penambahan air sehingga kolam tidak akan mengering. Kotoran yang dikelurkan tersebut dapat digunakan sebagai pupuk organik dan sumber pakan bagi lele.

#Persiapan Air

Setelah kolam bulat yang anda buat sudah jadi, langkah selanjutnya adalanya menyiapkan air untuk proses pembesaran budidaya lele.

  • Hari pertama, isilah kolam dengan air hingga mencapai ketinggian 80-100 cm.
  • Hari kedua, masukan prabiotik atau bakteri pathogen dengan dosis 5ml/m, prabiotik bisa anda dapatkan ditoko-toko perikanan dan pertanian yang dekat dengan tempat usaha budidaya lele anda. Jenis prabiotik yang bisa anda gunakan seperti BMW, POC, BIOGAN atau lainnya.
  • Hari ketiga, masukan pakan untuk bakteri pathogen berupa tetes tebu atau molase dengan dosis 250 ml/m. Pada malam harinya dapat menambahkan dolomite hanya diambil airnya saja. Selanjutnya diamkan selama 7 hari supaya mikroorganisme dapat hidup dan tumbuh dengan baik.

#Pemilihan Jenis Lele

Tingkat kesuksesan budidaya lele sangat ditentukan oleh kualitas benih, ada beberapa jenis benih yang bisa dibudidayakan di Indonesia lele dumbo, lele sangkuriang dan lele python. Untuk pembudidaya yang banyak digunakan yiatu lele sangkuriang dan lele dumbo. Berdasarkan BBPBAT Sukabumi lele sangkuriang memiliki kualitas yang lebih baik kerana kualitas lele dumbo yang saat ini beredar di masyarakat semakin menurun dari waktu ke waktu.

Benih ikan lele yang digunakan sebaiknya dari induk unggulan atau berasal dari induk yang sama, benih lele yang sehat dapat dilihat dari pergerakannya yang aktif, warna dan ukuran seragam, organ tubuhnya lengkap, bentuk proposional berkisar antara 4-7 cm.

#Persiapan Tahap Penebaran dan Perawatan Lele

Jika anda sudah memutuskan pemilihan bibit lele dan ukurannya, langkah selanjutnya proses penebaran ikan lele pada kolam bioflok keesokan harinya tambahkan probiotik dengan dosis 5 ml/m. Proses perawatan benih ikan lele dapat dilakukan setiap 10 sehari sekali, perawatan yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut ikuti yang langkah-langkahnya :

  • Setiap 10 hari bisa memberikan probiotik sebanyak 5ml/m, ragi tempe 1 sendok makan/m, ragi tape 2 butir/m dan pada malam harinya anda bisa menambahkan dolomit yang diambil airnya sebanyak 200-300 gr/m.
  • Setelah benih lele berukuran 12 cm atau lebih perawatan cara ternak lele bioflok setiap 10 hari sekali masukan probiotik dengan dosis 5 ml/m, ragi tempe 3 sendok makan/m, ragi tape 8 butir/m dan pada malam harinya tambahkan dolmit dengan dosis 300 gr/m yang diambil airnya saja. Pemberian ragi tempe an tape terlebih dahulu dilarutkan kedalam air.

#Pemberian pakan pelet pada lele

Selama proses pembesaran pada budidaya lele perhatikan waktu pemberian pakan dan berikan aerasi setiap hari. Gunakanlan pakan yang memiliki kualitas yang terbaik sesuai dengan ukuran pakan yang anda berikan dengan lebar bukaan mulut lele.

Pemberian pakan pada lele anda dapat melakukan 2 x sehari yaitu pagi dan sore hari dengan dosis pakan 80%. Cara budidaya lele dengan sistem bioflok adalah seminggu sekali bisa anda puasakan dengan tidak memberin pakan.

#Penjualan Pasca Panen

Setelah lele yang anda budidayakan sudah mulai masa panen, segeralah buat promosi atau sudah mulai berjualan, bagamana cara anda menjualnya ? bisa menggunakan social media atau memiliki website untuk memudahkan untuk menemukan pembeli.

Bagi anda yang ingin membuat website dengan nama domain bisnis contoh www.usahaanda.com, anda bisa menggunakan jasa website CV. LDP Media yang sudah berpengalaman dan memiliki puluhan klien yang tersebar diwilayah Cirebo, Kuningan, Majalengka dan Indramayu. Atau anda bisa mengunjungi websitenya www.ldpmedia.co.id.

#Download PDF

Bagi anda yang ingin mendownload PDF bagaimana cara Budidaya Lele dengan system bioflok yang disiapkan oleh perikanan dan kelautan direktorat produksi dan usaha budidaya tahun 2017, download disini dan download disini.


Bagaimana setelah anda mendapatkan informasi yang kami berikan, bagi anda yang ingin bertanya silahkan tulis dikolom komentar yah, semoga bermanfaat.



68 Shares

0 thoughts on “Cara Budidaya Lele Dengan Sistem Bioflok Yang Benar

  1. Pingback: Info Beasiswa Bidikmisi Terbaru ke Perguruan Tinggi | Cirebon News

  2. Pingback: Tips Sukses Dalam Menjalankan Bisnis Online | Cirebon News

Add Comment